Jumat, 31 Agustus 2012

Terumbu Karang

Coral Reef (Terumbu Karang) -Kita Punya, Kita Selami, Kita Berdayakan

6 06 2010 Merupakan ekosistem perairan laut yang terbentuk oleh karang sebagai penyusun utama ekosistem tersebut. Karang merupakan hewan Coelenterata / Cnidaria, Ordo Schlerachtinia, yang hidup bersimbiosis dengan Zooxhantella. Zooxanthella adalah alga Dinoflagellata yang mempunyai clorofil. Mereka hidup endosimbiosis dengan karang dan interaksi keduanya menghasilkan kapur (CaCO3). Inilah yang nantinya akan membatu dan membentuk ekosistem terumbu karang.Seperti halnya di hutan adanya tumbuhan (pohon) yang subur dan baik tentunya akan dihuni atau mendatangkan berbagai hewan yang beranekaragam. Begitu pula dengan terumbu karang. Seperti layaknya tumbuhan (pohon), semakin subur tumbuhnya  karang semakin baiklah ekosistem tersebut sebagai tempat hidup berbagai macam biota laut (Ikan, kerang, Invertebrata laut dll).
Nah bagaimana dengan kita??
Sebagai Negara kepulauan yang terdapat pada daerah tropis, kita cukup bersukur karena ekosistem yang unik ini hanya terdapat pada Negara yang bermusim tropis dan sedikit di Negara beriklim subtropis.
Kota padang sebagai ibukota sumatera barat mempunyai panjang pantai sekitar 68,126 km dengan 17 pulau yang ada diperairan tersebut. Tentunya akan terdapat terumbu karang dan berbagai biota yang cantik dan unik disana. Apakah kita bisa memberdayakannya??
Tentunya perlu kita selami dan pahamii terlebih dahulu..,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar