Jumat, 07 Oktober 2011

Ikan Nila Nirwana

indosiar.com, Ini adalah ikan nila nirwana. Ikan nila unggulan yang merupakan hasil persilangan antara ikan nila gift dan ikan nila get dari Filipina. Keunggulan ikan nila nirwana ini, lebih cepat besar, sehingga sangat cocok untuk budidaya. Hanya dalam waktu 6 bulan, beratnya bisa mencapai 1 kilogram. Sehingga ikan ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, ketimbang ikan air tawar lainnya, seperti ikan mujair dan ikan mas. Harga per kilogramnya sekitar 10 ribu rupiah.

Ikan nila memiliki keunggulan dibandingkan ikan mujair dan ikan mas. Dagingnya putih, tebal, padat dan tidak berduri. Karena itu ikan ini banyak digemari di luar negeri.
Pengembangbiakan ikan nila nirwana ini dilakukan di Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 700 meter, di atas permukaan laut dan suhu udara antara 18 sampai  25 derajat celsius, tempat ini memang sangat cocok untuk pengembangbiakan  ikan  air tawar.

Karena itu, di tempat ini banyak terdapat kolam-kolam pengembang biakan ikan air tawar. Seperti ikan mas, ikan nilem, dan ikan gurame. Di kolam ini pula dikembangbiakan ikan nila nirwana.
Menurut Sri Judantari, Kepala BBI Wanayasa, proses pembudidayaan ikan nila nirwana tidak sulit. Induk ikan dikawinkan dalam kolam pemijahan sehinga menghasilkan benih ikan yang disebut larva.
Untuk menjaga agar terhindar dari penyakit, kolam harus selalu dibersihkan dari lumut.

Bibit ikan nila nirwana ini dijual per paket yang berisi 100 ekor ikan jantan dan 300 ekor ikan betina dengan harga 2,5 juta rupiah. Ikan ini tidak saja dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke manca negara, diantaranya ke Belgia dan Saudi Arabia. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup petani ikan. Salah satu diantaranya dengan menghasilkan bibit unggulan, sehingga ikan yang dibudidayakan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan petani ikan.(bauzad hamzah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar